Rabu, 21 November 2012

Filled Under:

Oven Listrik Diskon Khusus November :D


Mengenal Jenis dan Kegunaan Oven


Ada beraneka ragam jenis oven dan spesifikasi kegunaannya, yang terdiri dari :
1) Oven Deck Manual 
Oven jenis ini hampir banyak digunakan oleh industri roti. Oven jenis ini adalah tidak tergantung oleh daya listrik. Kelemahan oven manual adalah suhu panas tidak dapat dikontrol, sehingga semakin lama Oven hidup, suhu semakin tinggi. Warna roti dan tingkat kematangannya kalah bagus dibandingkan dengan Oven deck automatis.  Gas elpigi yang dipakai sebagai bahan bakarnya lebih boros dibandingkan Oven deck automatis.

2) Oven Deck Automatis
Sebagai terobosan teknologi, Oven ini sangat efisien jika dibandingkan dengan Oven deck listrik atau oven deck manual. Karena ia memadukan energi gas dan listrik, dimana energi listrik digunakan hanya sebagai pengontrol temperatur panas dan range temperatur yang cukup menggunakan power 80 watt saja. Dengan desain bodi/casing Oven yang tebal dan tertutup rapat membuat energi panas yang dihasilkan tidak banyak terbuang percuma, hingga pemakaian energi gas menjadi jauh lebih hemat. Jadi bila anda menginginkan suhu oven 200 derajat, maka api gas di dalam burner akan mati secara otomatis bila mencapai suhu 200 derajat C dan akan menyala kembali bila suhu telah turun 195 derajat C. Proses ini akan berulang terus, selama Oven dinyalakan.

3) Oven Rotary dan Oven Convection
Penggunaan Oven jenis ini sering dipakai oleh industri roti besar. Jadi produk dimasukkan bisa mencapai 5 s/d 32 loyang untuk sekali pembakaran. Hasil produk yang dihasilkan lebih rata dibandingkan Oven Deck Automatis. Sebab loyang dimasukkan akan diputar secara vertikal atau horizontal. Kelemahan rotary oven dan revolving Oven adalah tidak bagus dipakai untuk memanggang cake. Bahan bakar oven ini bisa gas elpigi dan energi listrik. Daya yang dipakai sebagai kontrol pada Oven jenis ini kurang lebih 1000 s/d 15.000 watt. Produk yang dipanggang juga harus sejenis untuk menghasilkan roti yang berkualitas.

4) Oven Tunnel
Oven jenis ini biasanya dipakai untuk industri besar. Bila anda ingin berinvestasi untuk jenis oven ini anda harus mempunyai tempat yang luas. Panjang Oven Tunnel bisa mencapai 12 meter.  Kelebihan Oven tunnel adalah proses pemanggangannya lebih cepat dengan penggunaan konveyor dimana adonan  dimasukkan di sisi depan Oven dan akan keluar menjadi roti di bagian belakang oven. Dengan daya yang besar, maka Oven tunnel sangat cocok bagi industri besar.

*sumber : http://eniglobal.wordpress.com/2011/04/12/tips-mengenal-jenis-dan-kegunaan-oven/


Semoga bermanfaat.
(^_^