Kamis, 06 Desember 2012

Filled Under:

Tips : Minyak Seperti Baru, Gunakan Saringan


Cara menjernihkan minyak goreng yang sudah terpakai.


Pertama yaitu mencampurkan minyak goreng yang telah terpakai dengan arang sekam,celupkan arang sekam sekitar 1% selama 30 menit ke dalam minyak goreng yang telah di panaskan.Kemudian diamkan hingga arang sekam mengendap,setelah itu saring minyak goreng yang sudah terpakai tadi.Proses ini akan menjernihkan secara fisik,kimia,maupun organoleptik mendekati kualitas minyak yang masih segar.

Cara yang kedua hampir sama dengan cara pertama tapi kali ini menggunakan arang kayu yang di haluskan,kemudian masukkan ke dalam minyak yang sudah di panaskan,setelah itu diamkan arang kayu hinnga mengendap,setelah itu baru disaring menggunakan saringan minyak, jangan pakai saringan air wkwkwk...

Cara yang ketiga yaitu dengan buah mengkudu yang sudah masak mula-mula ditumbuk kemudian di peras dan diambil sarinya. Sari inilah yang nantinya di campurkan ke dalam minyak goreng yang sudah terpakai,setelah tercampur biarkan selama 5 menit sampai 10 menit selanjutnya di endapkan,di panaskan pada suhu 50 derajat celcius,dan kemudian di saring pakai saringan.Komposisinya satu buah mengkudu dipakai untuk menjernihkan seperempat liter minyak goreng.

Cara yang keempat dengan ampas/sisa parutan kelapa secukupnya kurang lebih 10% ke dalam minyak yang mendidih,sebelumnya minyak goreng yang sudah terpakai di endapkan dahulu kemudian buang kotoran yang sudah mengendap,kemudian panaskan minyak barulah memasukkan ampas/sisa parutan kelapa,kemudian endapkan lagi buang sisa parutan kelapa.

Cara yang kelima yang lebih sederhana yaitu dengan nasi yang ditaruh diatas saringan, kemudian saringlah minyak dengan saringan yang sudah ditaruh nasi diatasnya maka kotoran pada minyak akan menempel pada nasi tersebut.

Cara yang keenam dengan memasukkan kulit pisang setelah anda menggoreng makanan sehingga kotoran akan menempel pada kulit pisang.

Itulah sedikit cara menjernihkan minyak goreng yang sudah terpakai.

*sumber : http://danoeshare.blogspot.com/2012/07/cara-menjernihkan-minyak-goreng.html