Rabu, 16 Januari 2013

Tentang Sendok dan Garpu

Banyak orang yang makan dengan sendok & garpu. Ada juga yang hanya memakai sendok dan tidak menyukai penggunaan garpu. Bagi umat Islam sendiri, makan dengan tangan adalah termasuk sunnah Rasul.

Tentang Sendok dan Garpu

Berdasarkan catatan sejarah (hasil penelitian para ahli yang bersangkutan), sendok telah dipakai sejak zaman Paleolitikum atau zaman batu tua.
Sendok itu sendiri awalnya hanya dipakai untuk mengambil makanan berkuah. Bahannya pun sangat sederhana, seperti daun, kulit kerang dan kulit kayu. Sejak saat itu, sendok mulai terbuat dari bahan yang lebih awet, seperti dari batu, tulang hingga logam. Bentuknya pun disesuaikan dengan kebutuhan.
Garpu diperkirakan muncul beberapa abad setelah sendok. Sejak kemunculannya, garpu dianggap barang berharga yang sayang untuk digunakan. Hal inilah yang menyebabkan perkembangannya lambat. Sampai saat ini, sendok dan garpu telah dibuat dari berbagai bahan, mulai dari kayu sampai logam emas. 
Lain halnya dengan bangsa Tionghoa, penggunaan sendok dan garpu merupakan hal yang tabu dan mereka lebih memilih sumpit.
Penggunaan sendok dan garpu memudahkan kita untuk kegiatan sehari-hari. Dengan berbagai bahan dan bentuk, kita dapat memilih mana yang disukai. 
24 pcs Cutlery Set Shuma