Rabu, 17 Juli 2013

Filled Under:

Coffee Maker : Ibrik dalam Pembuatan Kopi Turki

Ibrik dikenal sebagai coffee maker tradisional tertua, karena penyajiannya yang unik.
ARABIC 7,5 CM BAKELITE 112510 ZEBRA
(oden-houseware.com)

Credits : Cikopi
            : Kopi & Resep

Ibrik merupakan teko kopi bergagang panjang dan merupakan salah satu wujud paling eksotis dan khas untuk menyiapkan kopi Turki. Ibrik biasanya dibuat dari bahan kuningan atau tembaga. Kopi Turki secara tradisional memang dimasak menggunakan ibrik. Teko-teko ini disebut juga cezves, tetapi ini lebih merupakan istilah Arab. Di Turki mereka tetap di sebut ibrik.

Meskipun ibrik dirancang dan mula-mula digunakan untuk memasak kopi di atas pasir yang panas di daerah padang pasir, kebanyakan kopi yang disajikan pada saat ini dimasak menggunakan tungku atau kompor. Teko ibrik saat ini relatif kecil (meskipun kopi Turki sesungguhnya dimasak pada berbagai ukuran ibrik tergantung pada berapa banyak orang yang ingin dilayani), dan pucuk poci itu lebih sempit dari alasnya. Bentuk ini merupakan hal penting untuk menyeduh kopi turki dengan tepat. Cara seperti itu banyak ditemukan di Timur Tengah, Afrika Selatan, Kaukasus dan Balkan. Kopi Turki berasal dari abad ke-15, dan pada awal abad ke-16 menyebar ke Kairo dan Mekkah. Pada tahun 1640-an, dilaporkan seseorang yang bernama ─░brahim Pe├ževi membuka kedai kopi pertama di Istanbul.

Kopi bubuk yang digunakan haruslah kopi yang sudah digiling sangat halus. Kehalusan medium bisa membuat kopi yang dihasilkan tidak begitu baik. Bubuk kopi yang terlalu kasar tidak akan tercampur dalam air dengan baik saat mendidih. Anda dapat menggunakan Turkish Mill atau penggiling kopi lain yang bisa menghasilkan bubuk kopi sangat halus (lebih halus dari bubuk kopi espresso). 

Hal-hal lain yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil maksimal ialah, air dengan kualitas yang baik dan juga bubuk kopi segar dan berkualitas.

Cara memasak kopi untuk sajian 1 gelas :
  • Masukkan air ke ibrik sekitar 180 ml, atau sampai batas maksimal sekitar ± 2/3 isi ibrik. Tujuannya adalah agar busa yang timbul saat mendidih tidak meluap dan mengotori kompor.
  • Tambahkan satu sendok penuh (sekitar 12 gr) kopi yang sudah digiling halus.
  • Tambahkan gula sesuai selera, jika Anda tak menghendaki kopi pait. Bisa juga ditambahkan rempah-rempah seperti kapulaga (cardamom) dan kayu manis.
  • Gunakan api kecil. Pada saat mendidih, busa kopi akan cepat menguap, angkat ibrik segera.
  • Setelah busa mengendap, letakkan masak lagi kopi di atas kompor sampai mendidih lagi, dan seterusnya.
  • Ulangi proses tersebut hingga 3 - 4 kali, dan kopi sudah siap disajikan.
  • Aduk dan sajikan di dalam cangkir. Biarkan ampas mengendap sebelum diminum.
ARABIC 7,5 CM BAKELITE 112510 ZEBRA
"ibrik" modern
(oden-houseware.com)