Senin, 08 Juli 2013

Filled Under:

Membuat puding zebra dengan cetakan agar

Sumber teks asli : Hesti's Kitchen


Puding zebra

Langkah-langkah membuat "Puding Zebra"


Bahan :
- 2 bks agar-agar bubuk tanpa warna
- 1/2 kaleng susu kental manis
- 5 butir telur
- 2 sdm margarin
- 2 sdm tepung terigu (sangrai sebentar sampai kecoklatan/jangan sampai gosong)
- 300 - 400 gr gula pasir (sesuai selera)
- 50 gr coklat bubuk
- 2 bks vanili
- 1/4 sdt garam
- 1200 ml air

Cara membuat :
  • Campur gula, garam, telur, dan sebagian gula. Kocok pelan menggunakan whisk asal rata. Jangan sampai berbusa. Tambahkan tepung terigu yang sudah disangrai. Aduk rata. Tambahkan susu kental manis, aduk rata. Bila bergerindil saring terlebih dahulu. Sisihkan.
  • Masak agar-agar,vanili, separuh bagian gula, margarin bersama air sampai sambil diaduk aduk sampai mendidih (harus benar-benar mendidih agar adonan telur tadi matang). Panas-panas tuang ke dalam campuran telur lalu aduk cepat sampai rata. Bagi 2 adonan, yang satu ditambahkan coklat bubuk. Cara mencampur coklat yaitu ke dalam coklat bubuk tambahkan dulu 3 sdm air matang panas dan aduk sampai rata baru kemudian ditambahkan adonan agar.
  • Siapkan cetakan agar-agar atau puding. Paling baik menggunakan cetakan agar bongkar pasang seperti tulban tapi tengahnya tertutup. Tapi kalau cetakan yang ada hanya yang berlubang seperti tulban bisa ditutup lubang di tengahnya dengan gelas. Karena penuangan adonan dilakukan di atas gelas tadi.
  • Tuang secara bergantian (bisa menggunakan cangkir) 1/2 cangkir adonan coklat dan putih pelan-pelan di tengah cetakan atau di atas gelas tadi sampai adonan habis. Apabila menggunakan gelas, lepaskan terlebih dahulu gelas dari cetakan lalu dinginkan di kulkas.


Di bawah ini gambar cetakan agar yang berlubang dan bertutup dan yang tidak bertutup.
Cetakan agar lubang
(oden-houseware.com)
Cetakan agar dgn tutup
(oden-houseware.com)