Senin, 19 Agustus 2013

Filled Under:

Peralatan Taman dan Perlengkapan Berkebun

Peralatan taman yang perlu dipersiapkan sebelum berkebun, diantaranya :

Sarung Tangan
Benda yang terbuat dari karet atau kain ini berguna untuk melindungi tangan dari kemungkinan tergores benda-benda tajam atau gigitan binatang tertentu. Terlepas dari apa pun bahannya, pilihlah sarung tangan yang kuat dan mampu melindungi tangan dari benda atau binatang berbahaya saat berkebun.

Semprotan
Aspek perawatan tanaman yang lain adalah penyiraman, baik itu penyiraman rutin maupun penyiraman khusus untuk pemeliharaan dari hama atau jamur. Salah satu perlengkapan untuk menyiram/menyemprot tanaman adalah hand spray  yang berguna untuk menyemprotkan cairan pupuk atau antihama/jamur ke bagian tanaman (daun, dahan, atau batang).
Semprotan 1 Liter
(oden-houseware.com)

Gunting taman
Ada beragam alat potong (cutting tools ) yang dipakai untuk berkebun. Fungsinya untuk memangkas atau meratakan daun, dahan, atau ranting tanaman. Meski terdapat beragam bentuk dan warna, namun fungsinya sama.

Sekop
Fungsinya mirip dengan cangkul yakni untuk mencacah atau meratakan tanah atau media tanam.
Rake/Garpu : Alat semacam sekop namun memiliki ujung yang terdiri atas beberapa besi runcing. Gunanya untuk meratakan atau mengaduk tanah atau media tanam.

Cangkul
Digunakan untuk mencacah tanah atau media tanam, khususnya pada lahan yang luas. Jika Anda berniat menggunakan pot, Anda bisa menggunakan cetok atau trowel.

Pot bunga
Benda ini adalah perlengkapan wajib untuk berkebun. Gunanya untuk menanam tanaman, khususnya tanaman hias. Bentuk dan model pot kini semakin beragam.
Pot Kotak
(oden-houseware.com)

Pot siram/watering can
Selain ember biasa, Anda bisa menggunakan watering can  untuk menyiram tanaman. Kelebihannya, watering can  kini tampil lebih trendi dengan jenis dan model yang lebih beragam. Selain itu, watering can  juga lebih mudah dipakai dan akan membuat pancaran air lebih merata dan menyebar.
Watering Can
(oden-houseware.com)
Selang
Berguna dalam menyiram media tanam/lahan. Gunakan hose yang dapat diatur penyebaran airnya sehingga mudah dipakai.

Hole Digger
Salah satu peralatan yang dibutuhkan saat hendak menanam tanaman atau pohon adalah hole digger atau penggali lubang untuk menanam tanaman. Alat ini juga kerap digunakan untuk membuat lubang resapan biopori.