Kamis, 27 Desember 2012

Filled Under:

Agen Kebersihan : Pengki a.k.a Cikrak a.k.a Dustpan

Pengki menurut wikipedia adalah perkakas kebersihan, pada umumnya digunakan bersama-sama dengan sapu. Pengki memiliki bentuk seperti sekop yang datar. Alat ini merupakan alat yang biasa ada di dalam rumah tangga, tapi juga digunakan secara bervariasi dalam industri dan komersial. Pengki yang lebih modern dipasangkan pada semacam tongkat silindris sehingga penggunanya tak perlu terlalu sering membungkuk. Pengki juga dikenal dengan
istilah nama cikrak dalam bahasa jawa, biasanya terbuat dari bambu yang dianyam tanpa gagang. Biasanya dijual bersama dengan tempat sampah bambu sebagai pasangan alat kebersihan yang berbasis lingkungan.

Ibarat seorang agen rahasia, benda ini mempunyai nama identitas lain. Nama jawanya adalah cikrak. Sedangkan nama inggrisnya adalah dustpan. Sementara yang lebih dikenal pada umumnya adalah sebutan pengki, bahasa indonesia.
Apapun namanya, fungsinya tetap, sebagai alat kebersihan. 
Pengki bahkan pernah diberikan sebagai "hadiah" oleh sebuah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) kepada KY (Komisi Yudisial), karena kedua-duanya berfungsi sebagai "alat kebersihan".

Well, semoga bermanfaat.