Selasa, 11 Desember 2012

Filled Under:

Tips : Tempat Bumbu Agar Lebih Harum dan Awet

Bumbu terutama dari rempah kering lebih sedap aroma dan rasanya jika diracik sendiri. Racikan bumbu inipun bisa bikin masak sukses dan rasanya jadi lezat. Sebelum membuat stok bumbu rempah, sebaiknya simak cara menyimpan yang benar.
Makin lama disimpan, bumbu rempah akan makin turun kualitasnya. Tempat bumbu, pemilihan jenis, dan cara menggiling bumbu bisa mempengaruhi kualitasnya. Racikan bumbu-bumbu ini jadi penentu lezat tidaknya masakan. Agar bumbu rempah tak sia-sia disimpan, coba simak tips berikut ini!

1. Menggiling bumbu sendiri

Dengan menggiling bumbu rmpah sendiri kualitas  kesegaran dan kebersihannya lebih terjamin. Kini, sudah banyak tersedia alat menggiling bumbu yang praktis. Seperti grinder, tinggal diputar, bumbu bisa langsung  halus. Bagi sebagian orang, meracik aneka bumbu dengan cara manual alias diuleg juga diakui membuat rasa masakan lebih enak.

2. Sangrai bumbu agar lebih harum

Bumbu rempah  yang disangrai memberikan aroma dan rasa yang lebih kuat. Taruh bumbu utuh dalam wajan kering tanpa minyak. Panaskan di atas api sedang sambil aduk-aduk. Jika sudah mengeluarkan aroma, matikan api. Setelah dingin bisa dihaluskan.

3.Gunakan kemasan kaleng

Menggunakan wadah kaca untuk menyimpan bumbu sering jadi pilihan. Namun, menyimpan bumbu dalam wadah transparan bisa mempengaruhi kualitasnya. Cahaya, udara, suhu dan kelembapan adalah musuh utama bumbu. Yang paling baik adalah menyimpannya di tempat yang kering dan tertutup rapat, misalnya di dalam kemasan kaleng yang tahan karat.

4. Pilih bumbu utuh

Bumbu halus cepat hilang aromanya. Semakin lama bumbu masak disimpan, maka tingkat kesegarannya pun menurun sekalipun belum dekat dengan masa kadaluarsanya. Namun, tak semua jenis bumbu tersedia dalam bentuk utuh. Sebaiknya beli bumbu rempah dalam keadaan utuh secukupnya sehingga tak perlu menyimpan telalu lama.



*sumber : http://food.detik.com/read/2012/03/19/111209/1870690/297/5/trik-menyimpan-bumbu-dapur-agar-tetap-harum