Rabu, 03 April 2013

Filled Under:

Memperbaiki Rice Warmer

Memperbaiki Rice Warmer - Rice warmer atau dalam bahasa ibu disebut alat penghangat nasi merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk menghangatkan atau mengukus makanan. Rice warmer memiliki nama lain, yakni Magic Jar. Rice warmer berbeda dengan rice cooker. Rice warmer tidak dapat memasak nasi seperti halnya rice cooker.
Perawatan rice warmer hampir sama dengan rice cooker. Begitu juga dalam hal perbaikan, rice warmer sama dengan rice cooker.
Magic Jar MJ-752SQ

Berikut langkah-langkah perbaikan seperti dikutip dari ilmumilenium.blogspot.com.
  1. Siapkan obeng (+) , obeng­­ (-), tang dan Multitester.
  2. Berikan arus stroom pada rice cooker. Pastikan lampu indikator power menyala, jika tidak menyala periksa kabel stroom atau ganti dengan kabel yang baru. Karena biasanya rice cooker tidak menggunakan sekring pengaman pada jalur arus listrik, maka kemungkinan besar kerusakan pada kabel AC (kabel stroom) atau pada switch di bagian dalam rice cooker.
    Gambar switch penghubung arus.
  3. Deteksi gejala kerusakan dengan memberi arus stroom pada rice cooker beberapa saat tanpa menekan tombol “ON” kemudian amati, apakah ada rasa hangat pada sisi-sisi dalam dan tutup rice cooker. Jika ada rasa hangat pada kedua sisi tersebut, tandanya elemen penghangat nasi masih hidup. Dalam kondisi seperti ini, jika sering mengalami "Nasi cepat basi”, maka kemungkinan ada kerusakan pada sensor pengatur panas (PTC) pada jalur kedua elemen ini. Coba langsung diganti saja sensor tersebut dengan yang baru dan sesuai dengan ukuran aslinya. Jika hanya mendapatkan rasa hangat pada salah satu sisi saja, maka kemungkinan besar ada kerusakan pada salah satu elemen atau kabel penghubung pada elemen penghangat tersebut.
  4. Gambar sensor pengatur suhu (PTC).
  5. Deteksi gejala kerusakan dengan memberi arus stroom pada rice cooker dengan menekan tombol “ON”(memasak) pada rice cooker beberapa saat, kemudian amati, apakah ada hawa panas pada lingkaran dasar bagian dalam rice cooker yang semakin lama semakin panas. Jika ada hawa panas pada bagian tersebut tandanya elemen pemanas pemasak nasi masih hidup. Jika tidak ada hawa panas kemungkinan besar ada kerusakan pada elemen tersebut atau pada switch penghubung ke arus listrik atau pada sekring pengaman pada jalur elemen tersebut. Coba hubungkan arus listrik langsung ke elemen pemanas dengan kabel jumper. Jika elemen mengeluarkan hawa panas, berarti elemen masih hidup. Coba hubungkan ujung-ujung sekring. Jika elemennya panas, berarti sekring putus, jika tidak ada hawa panas, bisa dipastikan switch tersebut rusak. Maka perlu penggantian switch penghubung arus.
Gambar kabel jumper.






Anda bisa melakukannya di rumah dengan peralatan tersebut. Tetaplah berhati-hati dan pastikan Anda dan keluarga aman dari jangkauan arus listrik secara langsung.
Selamat mencoba.