Selasa, 30 Juli 2013

Filled Under:

Membuat Selai dari Air Perasan Jeruk

Selai adalah salah satu jenis makanan awetan berupa sari buah atau buah-buahan yang sudah yang sudah dihancurkan, ditambah gula dan dimasak hingga kental atau berbentuk setengah padat. Selai tidak dimakan begitu saja, melainkan untuk dioleskan di atas roti tawar atau sebagai isi roti manis. Selai juga sering digunakan sebagai isi pada kue-kue seperti kue Nastar atau pemanis pada minuman, seperti yogurt dan es krim. Selai mendapat tempat di hati banyak orang karena tekstur dan rasa segar buahnya. 

Selai jeruk
(republika.co.id)
Selai dapat dibeli di toko ataupun warung di sekitar rumah kita. Namun, selai akan lebih terasa nikmatnya jika kita membuatnya sendiri. Biasanya buah yang dipilih adalah nanas atau strawberry. Namun bagaimana ya rasanya selai dari jeruk, lemon dan jahe buatan sendiri? 

Mari kita coba langkah mudah membuat selai tersebut seperti yang ditayangkan dalam Guardian.co.uk.

Bahan :
1 kg jeruk (jeruk lokal dengan kulit tebal/jeruk bali juga bisa atau jeruk impor)
4 buah lemon
2 kg gula pasir
100 gr jahe segar

Langkah-langkah membuatnya :
Gores mendalam tiap kulit jeruk dan lemon menjadi empat bagian dari atas ke bawah dengan menggunakan pisau kecil. Buang kulit luarnya, lalu iris tipis-tipis daging jeruknya. Peras sari jeruk dan lemon dengan tangan dan tampung airnya ke mangkok. Pisahkan biji-biji dari bulir jeruk, lalu cincang kasar bulir jeruk dan tambahkan bersama air perasan jeruknya. Tambahkan 2 liter air matang dingin ke dalam wadah.
Perasan jeruk
(oden-houseware.com)
Taruh biji jeruk yang tadi dipisahkan ke dalam kantung kain belacu. Celupkan kain ke dalam campuran perasan jeruk dan lemon, diamkan semalam. Pektin yang terkandung secara alami akan membantu pembentukan selai.

Hari berikutnya, tuangkan campuran perasan sari jeruk plus kantung berisi biji jeruk ke dalam panci besi stainless dan didihkan. Kecilkan apinya lalu tambahkan jahe yang sudah dikupas dan diiris tipis. Biarkan cairan tetap membara di atas api kecil selama 50-60 menit hingga irisan kulit jeruknya menjadi transparan. Ambil kantung berisi butir jeruk tersebut dan biarkan mendingin hingga bisa digenggam.

Tambahkan gula ke dalam sari jeruk plus lemon yang telah mengental kemudian didihkan lagi. Saat itu peras sari jeruk dalam kantong kain belacu ke dalam panci. Saat cairan mendidih, hilangkan semua busa yang mengambang di permukaan. Sangat krusial untuk menghilangkan semua busanya hingga bersih.

Lalu didihkan lagi dengan api besar selama 15 menit, sementara itu kita lakukan ujian. Untuk menguji selai kita, ambil satu sendok makan selai, tempatkan ke piring dingin lalu masukkan ke kultas selama beberapa menit. Bila terbentuk lapisan tebal di permukaan, maka cairan sudah siap diangkat. Namun jika belum, tetap didihkan dan tes kembali dengan prosedur seperti tadi. Bila tes berhasil, angkat dan dinginkan cairan selai untuk kemudian dimasukkan ke dalam toples kaca agar kualitasnya terjaga.


Sumber : Republikacoid